Skenario Blok 11
18 Maret 2014 13:34:44

MODUL 1

TOPIK    : Penyakit Kulit dengan Penyebab INFEKSI dan INFESTASI

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.Problem-based Learning (PBL)

 

SKENARIO :                                     SI PUTIH YANG MENGGANGGU.....

 

Wati , seorang pramuniaga di sebuah supermarket akhir – akhir ini merasa risih karena  ada bercak putih daerah betis kanan bagian belakang sebesar koin 50 rupiah. Bercak timbul sejak setahun yang lalu dan telah mengobatinya dengan macam-macam salep bahkan berobat ke mantri tetangganya tetapi bercak itu tidak ada perubahan bahkan makin bertambah besar. Bercak itu  tidak  gatal dan tidak perih .            Wati segera  berobat ke Puskesmas, dokter pemeriksa mengetes dengan menusuk jarum pada bercak tersebut, anehnya dia tidak merasakan apa-apa,pasien juga tak merasa jika bercak tersebut disentuh dengan kapas maupun kapas alkohol. Dokter Puskesmas mengatakan dia harus berobat selama 6 bulan untuk menyembuhkan penyakitnya itu.

Gambar kulit infeksi

referensi

  1. Fitzpatrick JE, JL Aeling. 2001. Dermatology Secrets in Color 2nd Ed. Hanley & Belfus Inc : Philadelphia.
  2. Lookingbill DP, Marks JG. 2000. Principles of Dermatology 3rd Ed. Saunders : Philadelphia.
  3. Pendit BU. 1998. Dermatologi Praktis Terjemah dari Practical Dermatology by Beth Goldstein & Adam O Goldstein. Hipokrates: Jakarta.
  4. Wolff K, Johnson, R.A. Suurmond D. 2005. Fitzpatrick’s Color Atlas and Synopsis of Clinical Dermatology 5th ed, Hal 18-54. McGrow-Hill Medical Publishing Division
  5. Hasting RC. 1994.  Leprosy 2nd Ed. Churchill Livingstone. Edinburgh-New York
  6. Daili  ES, Menaldi SL,  Ismiarto SP et al. 2003. Kusta Ed 2. FKUI. Jakarta.

2. KULIAH

   1.Penyakit kulit karena infeksi virus ( veruka vulgaris, varicella, herpes zooster  moluscum contagiosum).

Sasaran Pembelajaran

Mahasiswa mengetahui etiologi, patofisiologi, gejala klinis, pemeriksaan fisik, penegakan diagnosa  dan penatalaksanaan penyakit veruka vulgaris, varicella, herpes zooster, moluscum contagiosum.

  1. Penyakit kulit karena infeksi bakteri

Sasaran pembelajaran

Mahasiswa mengetahui etiologi, patofisiologi, gejala klinis, pemeriksaan fisik, penegakan diagnosa  dan penatalaksanaan penyakit-penyakit  kulit karena infeksi bakteri.     

  1. Dermatomikosis

Sasaran pembelajaran Mahasiswa mengetahui etiologi, patofisiologi, gejala klinis, pemeriksaan fisik, penegakkan diagnosa  dan penatalaksanaan penyakit-penyakit  dermatomikosis

  1. Penyakit skabies, cutaneus larva migrans, pedikulosis capitis dan pubis.

Sasaran pembelajaran

Mahasiswa mengetahui etiologi, patofisiologi, gejala klinis, pemeriksaan fisik, penegakkan diagnosa  dan penatalaksanaan penyakit skabies, cutaneus larva migrans, pedikulosis capitis dan pubis.

3. PRAKTIKUM

  1. Pemeriksaan Lab  BTA  MH (skin smear) dan BI dan MI BTA MH (Lab PK)

Sasaran pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dan terampil melakukan pemeriksaan Lab BTA MH/ skin smear.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemeriksaan Lab BTA MH MI dan BI

4.  KETERAMPILAN MEDIK  (3 x 50 menit):

Materi Belajar :

  • Keterampilan Komunikasi : Komunikasi pada pasien Lanjut Usia
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan Telinga
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan visus, buta warna & gerakan Mata
  • Keterampilan Prosedural : pemasangan kateter

Sumber belajar : Modul Keterampilan Medik

 

MODUL 2

TOPIK    : Penyakit Kulit dengan kausa imunologi dan

                    kausa lainnya

KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TUTORIAL

SKENARIO :  Setiap cuci baju tangan gatal

Ibu Umar datang ke Puskesmas karena kedua tangannya gatal. Keluhan ini sudah dirasakan sejak 1 minggu ini terutama setelah mengganti deterjen untuk mencuci pakaian. Pada pemeriksaan fisik tampak papul, eritem, skuama, erosi dan ekskoriasi.

referensi

  1. Cohen DE, Jacob S. Allergic contact dermatitis. In: Wolf K, Goldsmith GA, Katz SI, Gilchrest BA, Paller AS, Leffel D,editors, Fitspatrick’s Dermatology in General Medicine, 7th ed. Mc-Graw Hill publisher, New York. P.  135-45
  2. Amado A, Taylor JS, Sood A. Irritant contact dermatitis. In: Wolf K, Goldsmith GA, Katz SI, Gilchrest BA, Paller AS, Leffel D,editors, Fitspatrick’s Dermatology in General Medicine, 7th ed. Mc-Graw Hill publisher, New York. P.395-400
  3. Wolff K, Johnson, RA.,Suurmond D, 2005, Fitzpatrick’s Color Atlas and Synopsis of Clinical Dermatology, 5th ed,  Mc-Graw Hill publisher, New York. p. 18-54
  4. Lookingbill DP, Marks JG, 2000, Principles of Dermatology, 3rd ed, Saunders, Philadelphia. Hal 131-163,
  5. Pendit BU, 1998, Dermatologi Praktis terjemah dari Practical Dermatology by Beth Goldstein & Adam O Goldstein, Hal 163-190, Hipokrates, Jakarta
  6. Fitzpatric JE., Aeling JL., 2001, Dermatology Secrets in Color, 2nd Ed, Hal 43-68, Hanley & Belfus Inc, Philadelphia

2. KULIAH  :

  1. Kuliah Bioetika dan Medicolegal: Undang-undang Praktek Kedokteran

Sasaran Pembelajaran:

  • mahasiswa mampu menjelaskan tentang undang-undang praktek kedokteran
  1. Ilmu Penyakit Kulit : penatalaksanaan akne vulgaris, milliaria.pigmentary disorder.

Sasaran Pembelajaran:

  • mahasiswa mampu menjelaskan tanda dan gejala penatalaksanaan akne vulgaris, milliaria.pigmentary disorder.
  • mahasiswa mampu menjelaskan patofisiologi psoriasis vulgaris, drug eruption, urtikaria, angiodema
  • mahasiswa mampu melakukan penatalaksanaan psoriasis vulgaris, drug eruption, urtikaria, angiodema
  •  Ilmu Penyakit Kulit: psoriasis vulgaris, drug eruption, urtikaria.

 Sasaran Pembelajaran:

  • mahasiswa mampu menjelaskan tanda dan gejala, patofisiologi dan penatalaksanaan psoriasis vulgaris, drug eruption, urtikaria.
  1. Ilmu Penyakit Kulit: bulosa autoimun,Lupus Eritematosus diskoid

Sasaran Pembelajaran:

  • mahasiswa mampu menjelaskan tanda dan gejala, patofisiologi dan penatalaksanaan bulosa autoimun,Lupus Eritematosus diskoid.

3.  PRAKTIKUM

Praktikum parasitologi: identifikasi scabies, pediculosis capitis dan pubis

Sasaran Pembelajaran:

  • mahasiswa mampu mengidentifikasi scabies, pediculosis capitis dan pubis

4.  KETERAMPILAN MEDIK  (3 x 50 menit):

Materi Belajar :

  • Keterampilan Komunikasi : Komunikasi pada pasien Lanjut Usia
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan Telinga
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan visus, buta warna & gerakan Mata
  • Keterampilan Prosedural : pemasangan kateter

Sumber belajar : Modul Keterampilan Medik

 

MODUL 3

TOPIK    : Penyakit Sistemik dengan Kausa Imunologi 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Problem Based Learning (PBL) TUTORIAL

SKENARIO :                                  Waduh... Kok Pingsan ??

Bu Ge (50 tahun) berobat ke klinik 24 jam karena sudah satu minggu ruas ibu jari kaki kirinya bengkak dan terasa nyeri. Ia ditemani putrinya yang masih remaja. Hasil pemeriksaan vital sign didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 96 x/menit dan suhu 37ºC. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, dokter menyimpulkan Bu Ge mengalami serangan gout arthritis. Dokter memutuskan untuk memberikan suntikan anti nyeri Ketoprofen untuk mengurangi keluhannya. Bu Ge pernah beberapa kali mendapat Ketoprofen oral bila kakinya bengkak. Sebelum Bu Ge disuntik, putrinya minta izin keluar karena napasnya terasa sesak sejak masuk ke dalam ruang periksa yang berpengharum dan karpet berbulu, ia memang menderita asma sejak tiga tahun yang lalu. Sesaat setelah penyuntikan Bu Ge merasa mual, pusing, kedua kaki terasa dingin, dada sesak, leher terasa tersumbat dan akhirnya pingsan. Dokter segera melakukan tindakan penyelamatan berupa ABCD (airway, breathing, circulation dan drug) dalam waktu cepat, sampai pasien sadar. Setelah  kondisi stabil, Bu Ge dirujuk ke rumah sakit untuk observasi lebih lanjut. Putrinya sangat terkejut mengetahui apa yang dialami ibunya karena peristiwa yang mirip pernah dialami ayahnya sewaktu mendapat suntikan golongan Penicillin.

REFERENSI

  1. Austin KF. Allergies, Anaphylaxis and systemic mastocytosis in Braunwald E., Kasper D., Fauci AS., Hauser SL. (ed). Harrison’s Principles of Internal Medicine. 16th ed. Mc Graw Hill New York.  2008 : 1947-56.
  2. Berger TG. Erythemas in Mc Phee SJ., Papadakis MA., Tierney LM (ed). Current Medical Diagnosis and Treatment 47th ed. Mc Graw Hill New York 2008 : 116-7.
  3. Chosidow OM., Stern RS., Wintoro BU. Cutaneus Drug Reaction in Braunwald E., Kasper D., Fauci AS., Hauser SL. (ed). Harrison’s Principles of Internal Medicine. 16th ed. Mc Graw Hill New York  2008 : 318-24.
  4. Kishiyama JL., Adelman DC. Allergic and Immunologic disorders in Mc Phee SJ., Papadakis MA., Tierney LM (ed). Current Medical Diagnosis and Treatment 47th ed. Mc Graw Hill New York 2008 : 687-94
  5. Lipsky PE., Diamud B. Autoimmunity and autoimmune diseases in Braunwald E., Kasper D., Fauci AS., Hauser SL. (ed). Harrison’s Principles of Internal Medicine. 16th ed. Mc Graw Hill New York.  2008 : 1956-60
  6. www//http : Current Allergy & Clinical Immunology,

2. KULIAH  :

  1. Bioetika dan Medicolegal : Informed consen, Rahasia Kedokteran

Sasaran Pembelajaran:

  • Mahasiswa mampu menjelaskan tentang informed konsent dan rahasia kedokteran

         2.    Ilmu Penyakit Dalam: Mekanisme Terjadinya Autoimun

Sasaran Pembelajaran:

  • mahasiswa mampu menjelaskan patofisiologi dari autoimunitas.

3.  Ilmu Penyakit Dalam: Autoimmune diseases : SLE, vasculitis syndrome,

Sasaran Pembelajaran:

mahasiswa mampu menjelaskan tanda dan gejala, patofisiologi dan penatalaksanaan SLE, vasculitis syndrome,

  4.Ilmu Penyakit Dalam: Penyakit-penyakit Muskuloskeletal Rheumatic fever, : Rheumatic artritis, Osteoartritis, Goutartritis,  spondyloartritis, systemic sclerosis, syorgen sindrome,  sarcoidosis  dan amyloidosis

Sasaran Pembelajaran:

mahasiswa mampu menjelaskan tanda dan gejala, patofisiologi dan penatalaksanaan Penyakit  Rheumatic artritis, Osteoartritis, Goutartritis,  spondyloartritis, systemic sclerosis, syorgen sindrome,  sarcoidosis dan amyloidosis

 

3.  PRAKTIKUM :

a. Skin Test

Sasaran Pembelajaran:

mahasiswa mampu melakukan persiapan dan tindakan skin test serta menginterpretasikannya.

b. Pemeriksaan asam urat dan Protein

             Sasaran Pembelajaran:

mahasiswa mampu melakukan persiapan dan pemeriksaan asam urat dan protein serta menginterpretasikannya.

4.  KETERAMPILAN MEDIK  (3 x 50 menit):

Materi Belajar :

  • Keterampilan Komunikasi : Komunikasi pada pasien Lanjut Usia
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan Telinga
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan visus, buta warna & gerakan Mata
  • Keterampilan Prosedural : pemasangan kateter

Sumber belajar : Modul Keterampilan Medik

 

MODUL 4

TOPIK    : Hematology dan vascular

KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Problem Based Learning (PBL)

Skenario :        Demam tak sembuh

Ibu  Maya  45 tahun sedang hamil 5 bulan, datang  ke rumah sakit karena demam selama 1 minggu,  cepat merasa lelah dan disertai mual-mual. tampak memar pada tangan kanan dan kiri.  Sebelumnya Ibu Maya telah minum obat dari dokter Puskesmas akan tetapi panasnya tetap tidak turun-turun. Sewaktu di rumah sakit dilakukan pemeriksaan laboratorium darah lengkap, evaluasi morfologi darah tepi, retikulosit dan Widal. Hasil Laboratorium ditemukan hemoglobin 6,5 gr/dl, lekosit 4.300/µl  dengan hitung jenis 3/1/-/10/85/1 dan  trombosit 50.000/µl. Retikulosit 0,4 %. Sedangkan hasil morfologi darah tepi adalah: pansitopenia, limfositosis relatif dengan saran pemeriksaan BMP. Hasil Widal: Salmonella Typhi H Positif pada titer 1/80, yang lainnya negatif.

REFERENSI:

  1. Mazza J.J, Manual of Cinical Hematology, 2ndEd, Little,Brown and Company, Boston, 1995.
  2. Wintrobe’s Clinical Hematology, 10th Ed., Wlliam & Wilkins, Baltimore, Maryland, 1999.
  3. Desai S.P, Clinician’s Guide to Laboratory Medicine. A Practical Approach, Lexi-Comp Inc, Ohio, 2000
  4. Isbister JP, Hematologi Klinik.Pendekatan berorientasi masalah (terjemahan), Penerbit Hipokrates, 1993, Jakarta.
  5. Henry J.B, Clinical Diagnosis and Management by Laboratory Methods, 9th Ed., W.B.Saunders Company, Philadelphia, 1996.
  6. Mansjoer Ari, dkk, Kapita Selekta Kedokteran jilid 1, edisi 3, Media Aesculapius FKUI, Jakarta, 2007.
  7. Penuntun Praktikum Hematology. Laboratorium Patologi Klinik FK Unmul. Samarinda, 2007

2. KULIAH  :

1. IPD:  Polycytemia, thrombosytosis dan Leukemia, Multiple myeloma

Sasaran pembelajaran:

Mahasiswa mampu menjelaskan tanda, gejala penyakit leukemia, multiple   myeloma dan penyakit yang berhubungan dengan polycytemia, thrombosytosis

2. IPDVEIN DISORDERS dan HEMOSTASIS DISORDER

 Sasaran pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu  membuat diagnosis dan diferensial diagnosis, melakukan penatalaksanaan serta pencegahan embolisme dan deep vein trombosis
  2. Mahasiswa mampu membuat diagnosis dan diferensial diagnosis,  melakukan penatalaksanaan serta pencegahan Hemophilia, DIC dan Antiphospholipid syndrome, myelodisplastic syndrome-leukemia

3. Kuliah Pengantar Praktikum Patologi Kinik

Sasaran pembelajaran:

Mahasiswa mampu menjelaskan cara pemeriksaan faal hemostasis dan LE sel serta penggunaannya di klinik

4. Kuliah Patologi Klinik:

Aspek laboratorium DIC, Hemofilia & antiphospholipid syndrome

Sasaran pembelajaran :

Mahasiswa mampu menentukan pemeriksaan penunjang, menginterpretasikan hasil pemeriksaan Faal hemostasis, darah lengkap serta antiphospholipid.

3. PRAKTIKUM :

Praktikum Pemeriksaan darah

Sasaran pembelajaran:

  • Mahasiswa mampu melakukan pemeriksaan  faal hemostasis manual sederhana serta tes fragilitas osmotik eritrosit.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan pemeriksaan faal hemostasis automatik
  • Mahasiswa mampu melakukan pemeriksaan LE sel

Materi:

Pemeriksaan faal hemostasis: APTT,PPT,CT,BT, Rumple leed, LE sel

 

4.  KETERAMPILAN MEDIK  (3 x 50 menit):

Materi Belajar :

  • Keterampilan Komunikasi : Komunikasi pada pasien Lanjut Usia
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan Telinga
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan visus, buta warna & gerakan Mata
  • Keterampilan Prosedural : pemasangan kateter

Sumber belajar : Modul Keterampilan Medik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODUL 5

TOPIK    : Penyakit Neurologi dan Neoplasma kulit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

                                      

I. Problem Based Learning (PBL) 

 

Skenario : SUSAH BERJALAN….

 

        Pak Basri (70 tahun) datang ke Puskesmas dengan keluhan susah saat berjalan , sering berhenti sebentar baru bisa melangkah lagi. Selain itu tangan kanannya sering bergerak-gerak sendiri saat sedang duduk santai, tapi saat meraih sesuatu dengan tangan kanannya, gerakan tersebut hilang dan segera muncul kembali saat tangan kanannya berhenti beraktivitas.  Pak Basri juga sering lupa nama anaknya dan kegiatan yang dilakukannya. Gejala ini sudah dirasakannya sejak 5 bulan yang lalu.

        Pada saat pemeriksaan neurologis dokter menemukan adanya resting tremor,fenomena Cogwheel, freezing. Dokter merencanakan pemeriksaan laboratorium darah dan CT scan kepala.

     

REFERENSI

  1. Harrison’s Neurology in Clinical Medicine.,Mc Graw Hills.,2006.
  2. Current Diagnosis and Treatment in Neuroloy, International edition,The Mc Graw-Hill Company, 2007.
  3. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, Jilid III, Edisi IV,FKUI,2006.
  4. Adams and Victor’s Principle of Neurology, Eighth edition,The Mc Graw-Hill Company,2005

2. KULIAH  :

  1. Lab.  Farmakologi:  Kortikosteroid

Sasaran Pembelajaran:

  • mahasiswa mampu menjelaskan tentang identifikasi jenis kortikosteroid, farmakokinetik, farmakodinamik dan toksisitasnya.

      2.     Syaraf:  Demensia, demensia vaskular dan Alzheimer disease

Sasaran Pembelajaran:

  • mahasiswa mampu menjelaskan klasifikasi demensia
  • mahsiswa mampu menjelaskan etiologi, tanda dan gejala, patofisiologi, penegakan diagnosa dan penatalaksanaan demensia vaskular dan Alzheimer disease.

      3. Lab Kulit dan Kelamin : Neoplasma kulit

          Sasaran Pembelajaran:

  • mahsiswa mampu menjelaskan etiologi, tanda dan gejala, patofisiologi, penegakan diagnosa dan penatalaksanaan neoplasma kulit.

4. Lab Syaraf : demensia vascular demensia,,Alzheimer, Pick’sdisease

  • menjelaskan etiologi, tanda dan gejala, patofisiologi, penegakan diagnosis dan penatalaksanaan demensia, vascular demensia, Alzheimer, Pick’sdisease

      5. Kuliah bioetik dan medicolegal : Eutanasia

          Sasaran Pembelajaran:

  • Mahasiswa mampu menjelaskan tentang eutanasia

                                          

3.  PRAKTIKUM : Lab Patologi Anatomi :

Pemeriksaan Patologi Anatomi neoplasma Kulit : Seborrhoic Keratosis,Squamous Cell Carcinoma, Basal Cell Carcinoma, Nevus Pigmentosus,Lentigo,Melanoma Maligna

Sasaran Pembelajaran:

  • Mahasiswa mampu melakukan  pemeriksaan Patologi Anatomi Seborrhoic Keratosis , Squamous Cell Carcinoma, Basal Cell Carcinoma, Nevus Pigmento sus,Lentigo,Melanoma Maligna

4.  KETERAMPILAN MEDIK  (3 x 50 menit):

Materi Belajar :

  • Keterampilan Komunikasi : Komunikasi pada pasien Lanjut Usia
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan Telinga
  • Keterampilan Pemeriksaan Fisik : Pemeriksaan visus, buta warna & gerakan Mata
  • Keterampilan Prosedural : pemasangan kateter

 

Link Terkait


18 Maret 2014 10:52:44
Blok V

24 Januari 2014 09:20:27
Kurikulum Pendidika dokter