Jurnal

Studi Komparasi Rata-Rata Indeks Massa Tubuh Anak di Panti Sosial Asuhan Anak Harapan dan Panti Asuhan Uswatun Hasanah di Samarinda
Benny Hary Kharisma; Evi Fitriany; Riries Choiru

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman


Studi Komparasi Rata-Rata Indeks Massa Tubuh Anak di Panti Sosial Asuhan Anak Harapan dan Panti Asuhan Uswatun Hasanah di Samarinda

Comparison Study Body Mass Index of Children from Harapan Orphanage and Uswatun Hasanah Orphanage at Samarinda

Benny Hary Kharisma1, Evi Fitriany2 dan Riries Choiru3

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman
2Laboratorium IKM Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman
3Laboratorium IKM Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman

Korespondensi : bennyharykharisma@gmail.com

 

ABSTRAK


Latar Belakang: Gizi sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Kekurangan gizi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Termasuk anak yang tinggal di panti asuhan, dimana anak-anak tersebut termasuk anak yang rentan kekurangan gizi. Status tempat tinggal dapat mempengaruhi status gizi secara tidak langsung, tergantung pola asupan makanan di tempat tersebut. Untuk mengetahui kekurangan gizi tersebut, dapat dilakukan penilaian status gizi. Salah satu indikator yang umum dipakai untuk penilaian status gizi adalah indeks massa tubuh menurut umur.
Tujuan: Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata indeks massa tubuh anak di Panti Sosial Asuhan Anak Harapan dan Panti Asuhan Uswatun Hasanah di Samarinda.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik komparatif dengan desain penelitian cross-sectional. IMT anak di hitung dengan menggunakan rumus BB/TB2.
Hasil: Sebagian besar anak memiliki status gizi normal dengan jumlah 54 anak (79,41%) di PSAA. Harapan dan 88 anak (87,13%) di PA. Uswatun Hasanah. Anak dengan status gizi gemuk sebanyak 12 anak (17,65%) di PSAA. Harapan dan 10 anak (9,90%) di PA. Uswatun Hasanah. Kemudian anak dengan status gizi obesitas sebanyak 2 anak (2,94%) di PSAA. Harapan dan anak dengan status gizi kurus sebanyak 3 anak (2,97%) di PA. Uswatun Hasanah. Dari hasil analisis data menggunakan Mann-Whitney Test didapatkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata indeks massa tubuh anak di PSAA. Harapan dan PA. Uswatun Hasanah dengan nilai p = 0,077 (p > 0,05).
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan rata-rata indeks massa tubuh anak di Panti Sosial Asuhan Anak Harapan dan Panti Asuhan Uswatun Hasanah di Samarinda.
Kata kunci : Status Gizi, Panti Asuhan, Indeks Massa Tubuh (IMT)

Publikasi : Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman(2014)(11)

Kontak : bennyharykharisma@gmail.com

Naskah Lengkap : Lisensi Terbuka (Format PDF)
Diakses : 877 Kali