Jurnal

Hubungan Usia dan Jumlah Paritas terhadap Derajat Diferensiasi dan Stadium pada Squamous Cell Carcinoma Serviks di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Periode 2011-2013
Anis Purwanti; Hadi Irawiraman; Nurul Hasanah

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman


Hubungan Usia dan Jumlah Paritas terhadap Derajat Diferensiasi dan Stadium pada Squamous Cell Carcinoma Serviks di RSUD Abdul Wahab Sjahranie  Periode 2011-2013

Anis Purwanti, Hadi Irawiraman, Nurul Hasanah

 

ABSTRAK

Latar Belakang : Karsinoma serviks masih merupakan penyebab kematian tersering pada wanita termasuk di Indonesia dengan kasus terbanyak adalah squamous cell carcinoma (SCC). Penegakkan diagnosis akan mempengaruhi angka kelangsungan hidup. Diperlukan diagnosis untuk mengklasifikasikan tingkat agresivitas, luas, dan penyebaran karsinoma pada pasien. Semakin lanjut usia dan semakin banyak jumlah paritas menyebabkan semakin tinggi stadium dan derajat diferensiasi karsinoma serviks sehingga pengobatan jauh lebih sulit. Diagnosis berdasarkan penentuan derajat diferensiasi akan berguna untuk perencanaan pengobatan, dan sebagai sarana pertukaran informasi antar berbagai pusat pengobatan karsinoma. Diagnosis berdasarkan stadium akan mempengaruhi angka kesembuhan pasien. juan : Untuk mengetahui hubungan usia dan jumlah paritas terhadap derajat diferensasi dan stadium squamous cell carcinoma serviks.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik cross sectional. Sebanyak 55 kasus penderita SCC serviks dimasukkan dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Hubungan usia, jumlah paritas terhadap derajat diferensiasi dan stadium pasien selanjutnya dianalisis menggunakan uji fisher’s.

Hasil : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara usia dengan derajat diferensiasi SCC serviks (p=1,00) dan hubungan antara usia dengan stadium (p=1,00). Hubungan jumlah paritas terhadap derajat diferensiasi tidak menunjukan hubungan yang signifikan (p=0.26) demikian antara jumlah paritas terhadap stadium yang tidak menunjukkan adanya hubungan (p=0.69).

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara usia dan jumlah paritas terhadap stadium derajat diferensiasi dan stadium.

Kata Kunci: Usia, jumlah paritas, derajat diferensiasi, stadium, squamous cell carcinoma serviks.

Publikasi : Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman(2014)(11)

Kontak :

Naskah Lengkap : Lisensi Terbuka (Format PDF)
Diakses : 832 Kali